Filsafat Agama & Irfan: Wahdatul Wujud dalam Ontologi dan Antropologi & Bahasa Agama

Agama & Irfan (Wahdat Al Wujud dalam Ontologi dan Antropologi, serta Bahasa Agama) Penulis Sayyid Yahya Yatsribi, Penerbit Shadra Press (Rausyan Fikr), Tebal 269 Halaman, Harga Rp.65.000,-.

Sinopsis Buku:
Dalam upaya komparasi antara “agama” dan “irfan”, fokus penelitian akan berkisar pada “agama Islam” dan “irfan Islam”. melalui fokus ini pula dua terminologi ini akan dianalisis letak perbedaan masing-masing. Islam adalah agama yang berlandaskan pada tiga asas fundamental: Tauhid, Kenabian, Hari Akhir. Berdasarkan asas Tauhid, tidak ada pencipta, penguasa, dan layak di sembah kecuali Alloh; lailaha illa-Allah.

Dalam sebuah ajaran Al-Qur’an, setiap keyakinan terhadap sekutu dan tuhan yang lain dianggap sebagai kesalahan, penyelewengan, dan satu-satunya dosa yang tak terampuni. Berdasarkan Kenabian, para nabi adalah pribadi-pribadi maksum, tidak pernah salah dalam menyampaikan wahyu, tidak pernah mengurangi atau menambah kandungannya. Hari akhir atau Ma’ad bersifat jasmaniah, kemampuan Ilahi untuk mematikan dan menghidupkan.

Irfan memiliki dua sisi, yaitu satu sisi berada di balik konsepsi (idrak) lahiriah kita yang secara hakiki ada dan tidak berbilang (tunggal), dan sisi yang lain berada dalam ruang lingkup konsepsi lahiriah kita yang secara hakiki tidak ada; sisi ini hanyalah manifestasi berbilang dan beraneka ragam dari hakikat yang tunggal. Persepsi ini terbentuk dari Wahdatul Wujud, Gerak Turun-Naik Wujud, suluk dan Mujahadah, Fana, Penyingkapan (Kasyf) dan Intuisi (Syuhud), Riyadhah, Cinta dan Kasih sayang, Rahasia dan Simbol. melalui perbandingan antara agama Islam dan Irfan Islami akan terlihat bahwa Irfan adalah sebuah ajaran yang berada pada garis vertikal dengan agama dan begitu pila dengan filsafat. Artinya, irfan tidak pernah berusaha menafikan agama atau filsafat. Menurut ajaran irfan, manusia dapat menggapai kesempurnaan dan makrifat melalui jalan agama dan filsafat, ia juga dapat mencapai kesempurnaan makrifat yang lebih tinggi melalui perantara irfan.

Pembahasan mengenai agama dan irfan serta bentuk komparasinya akan dijelaskan secara jelas dan terperinci dalam setiap babnya. Denagn demikian, para pembaca dapat memahami tentang Agama dan Irfan, mulai dari Definisi Agama Islam dan Irfan Islami, Ontologi, hingga etika dan amal dalam Agama dan Irfan.

One Response to Filsafat Agama & Irfan: Wahdatul Wujud dalam Ontologi dan Antropologi & Bahasa Agama

  1. AMIRUDDIN mengatakan:

    bagaimana pesan buku untuk pinjam buku di-alhuda n saya tinggalnya disulawesi barat n mahasiswa mahzab pecinta ahlulbait sangat kekurangan referensi buku

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s